Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerakan Sholat Tidak Hanya Tentang Kesehatan, Tapi ada yang Lebih Dahsyat Lagi

Kenapa Gus Baha tak setuju tentang hikmah salat bisa menyehatkan tubuh? Bagaimana bisa? Yuk simak penjelasan lengkapnya disini.
Dalam Islam, salat adalah salah atau kewajiban yang harus dilakukan umat Islam. Tidak hanya salat wajib ada juga salat sunnah yang bisa dikerjakan dalam mengiringi salat wajib.
Mengutip kanal YouTube Santri Podcast tentang hikmah sholat bukan tujuan, KH Bahaudin Nursalim atau biasa disebut Gus Baha yang terkenal dengan ceramahnya yang simpel dan ringan. Namun sukses mengkonversi persoalan yang terasa rumit menjadi lebih ringan. 

Ia juga terkenal dengan kealiman ilmu yang diakui oleh para santri serta kyai-kyai atau penceramah lain.
Salah satu ceramahnya yang mengkonversikan masalah rumit menjadi lebih ringan adalah tentang hikmah salat yang bisa menyehatkan.

Gus Baha tidak setuju jika tentang hikmah salat yang bisa menyehatkan selalu dilebih-lebihkan oleh seseorang.

Walaupun ia setuju bahwa sehat adalah salah satu hikmah salat, namun hikmah tersebut bukan menjadi tujuan utama.

Jika Salat itu sejenis olahraga atau yoga maka hikmah sehat yang menjadi tujuan utama tentu tidak akan menjadi masalah.

Misalnya ini, ada seseorang rajin salat sakit-sakitan, yang tidak rajin salat malah sehat bugar, kalau begini kan resiko.

Oleh karena itu, dalam melaksanakan salat maka harus kembali ke tujuan awal salat yaitu bersujud dan tunduk kepadanya Allah.
Terkuat masalah salat bisa menyehatkan itu tentu ada, tapi tidak boleh dijadikan sebagai tujuan utama.
Itulah penjelasan Gus Baha tentang tak setuju tentang hikmah salat bisa menyehatkan tubuh yang dilebih-lebihkan oleh seseorang kemudian menjadi tujuan utama beribadah.Semoga bermanfaat