Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Tata Cara Ziarah Kubur yang Benar Sebelum Ramadan, Gus Baha: Ziarah Bisa Atasi Masalah Rezeki


Bagaimana tata cara ziarah kubur yang benar sebelum Ramadan? Simak penjelasan dari Gus Baha.
Gus Baha pernah berceramah bahwa ziarah kubur bisa menangkis permasalahan finansial. Untuk orang yang memiliki permasalahan rezeki Gus Baha beberkan berziarah kubur bisa menjadi solusi alternatifnya.
Dalam pembahasan kita kali ini akan ini mengulas mengapa rezeki bisa bertambah dengan ziarah dan bagaimana tata cara ziarah kubur yang benar. Lengkap dengan doa serta salam saat ziarah.
Ceramah Gus Baha ataupun KH Ahmad Bahauddin Nursalim tersebut membuat hati lega, karena itu 2 masalah besar manusia. 
Lalu kalimat apakah yang harus dibaca saat ziarah kubur tersebut? Ayo ikuti tulisan ini sampai akhir.
Kata Gus Baha, setiap permasalahan yang datang kepada kita harus dilawan dengan hidup yang bahagia.

Tetapi apabila kita tidak bahagia karena mengalami masalah yang pelik. Maka kita perlu mengucapkan satu kalimat saat ziarah ke kuburan. bila kamu tidak bahagia sebab banyak utang, maka datanglah ke kuburan,” terang Gus Baha.

Gal tersebut sebagaimana dikutip dari Youtube Santri Kalong, Kemudian Gus Baha menerangkan fatwa dari Al Ghazali dalam kitab Al-Arbain. Dalam kitab tersebut, Al Ghazali menyuruh orang datang ke kuburan, kemudian berteriak saat tidak ada orang di dekat.

 Setelah itu ucapkan kalimat berikut melalui teriakan: “Ya Allah, semua orang di dalam kubur ini sangat mau hidup kembali, walaupun untuk satu jam saja,” ucap Gus Baha. 

Dalam pendapat Gus Baha, alasan orang di dalam kubur mau hidup kembali yaitu sebab mau melafalkan ‘Laa illaha illallah’. Setelah mengucapkan kalimat di atas, Gus Baha juga menyuruh supaya mengucapkan hal berikut ini: 

"Dan aku ya Allah, dalam harapan itu, sebab aku saat ini masih hidup, saat ini aku akan fasihkan perkataan Laa ilaaha illallah,” ucap Gus Baha.

Setelah mengucapkan kalimat tersebut, maka pulanglah. Ikuti syariat, jika memiliki utang, maka bayarlah, jika istri marah selesaikanlah masalah.
Dalam konteks hubungan rumah tangga, Gus Baha menegaskan jika permasalahan harus diselesaikan dengan baik. Jangan melalui cerai. 
Doa ziarah kubur
Begini tata cara ziarah kubur yang benar sebelum Ramadan
1.Mengucapkan salam, Assalamualaikum dara qaumin mu’minin wa atakum ma tu’adun ghadan mu’ajjalun, wa inna insya-Allahu bikum lahiqun. 
Yang artinya: Assalamualakum, hai tempat bersemayam kaum mukim. Sudah datang kepada kamu janji Allah yang pernah ditangguhkan esok, dan kami Insha Allah kamu menyusul kamu
2.Membaca istighfar
Astaghfirullah haladzim alladzi la illa huwal hayyul qoyyumu wa atubu ilaihi. 
Yang artinya: Saya mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan kecuali Ia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan saya bertaubat kepada-Nya.
3.Membaca surah Al-Fatihah sebanyak 3 kali.
4. Membaca surah Al-Ikhlas 3 kali. 
5.Surah al-Falaq 3 kali
6. Surah An-Nas 3 kali
7. Ayat kursi 
8. Membaca surah Yasin
9. Membaca tahlil, dzikir, serta sholawat. 
10. Membaca doa ziarah kubur: 
Allahummaghfirlahu war hamhu wa’aafihii wa’fu anhu, wa akrim nuzuulahu wawassi’madholahu, waghsiihu bii maa’I watssalji albaradi, wa naqqihi, minaddzzunubi wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu minad danasi. Wabdilhu daaran khairan min daarihi wa zaujan khairan min zaujihi. Wa adkhilul jannata wa aidzu min adzabil qabri wa min adzabinnaari wafsah lahu fi qabrihi wa nawwir lahu fihi. 
Yang artinya: Ya Allah berilah ampun serta rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan serta berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah ia dengan air, es, serta embun.