Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suami Tidak Merespon saat Istri Bicara? Jangan Langsung Marah, Simak Tips dari dr Aisah Dahlan Berikut

Adakalanya suami tidak merespon saat istri bicara, yang tentu saja respon spontan istri pasti merasa kesal. Lalu bagaimana sih cara bersikap saat suami seperti tidak merespon terhadap apa yang sedang dibicarakan?
Dijelaskan oleh dr Aisah Dahlan, bahwa ada beberapa penyebab yang membuat suami kadang seperti tidak merespon ketika istri berbicara. Sehingga istri dianjurkan jangan langsung marah. 
Namun agar tidak memicu pertengkaran cobalah cari dulu penyebabnya mengapa suami bersikap seperti cuek. Karena ada banyak hal yang dapat memicu sikap suami ini. Berikut saran dr Aisah Dahlan untuk para istri.
Di awal penjelasan dr Aisah Dahlan memvalidasi bahwa saat suami tidak memperhatikan perkataan istri tentu akan membuat Istri kesal dan kecewa. Apalagi saat topik pembicaraannya adalah hal yang serius.

Ini akan memunculkan rasa diabaikan, merasa tidak idak perhatian dan lain sebagainya.

Kemudian dr Aisah Dahlan menjelaskan bahwa saat hal ini terjadi, mungkin ada penggunaan metode komunikasi yang kurang tepat.

Kemudian dr Aisah Dahlan memberikan tips pada para istri, jika ingin laki-laki menyimak omongan kita ada 3 cara jitu yang bisa dilakukan.

1. Sampaikan Tujuan

Yang pertama, dr Aisah menyampaikan bahwa ketika hendak berbicara dengan suami maka sampaikan dulu tujuannya, beritahu pada suami tema apa yang hendak dibahas. Karena laki-laki lebih suka to the point.
Kemudian dokter Aisah menyarankan untuk mengawali dulu tentang satu konsep pembahasan. "Diajak bicara serius senang, tapi ngomong satu masalah atau tema dan kalian harus janjian."

Jadi sampaikan saja dulu seperti, "Mas aku ingin membahas tentang masalah sekolah anak kita."

Sehingga suami pun tahu kurang lebih apa saja yang akan dibahas, dan sekiranya akan mengarah ke mana pembahasan nanti.

2. Sampaikan Lama Durasi 

Jadi sampaikan dulu sekiranya kapan dan butuh berapa lama pembicaraan ini akan berlangsung.

"Nanti habis maghrib aku mau ngomong 5 menit aja ya," dr Aisah mencontohkan.

Kok nanti saat ngobrol dan sudah 5 menit berlalu ternyata masih lanjut ya tidak apa. Yang penting di awal suami tahu perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pembicaraan atau diskusi.
3. Hindari Pembahasan Serius Diwaktu Sibuk

Kemudian dr Aisah juga menghimbau untuk menghindari mengajak pasangan untuk ngobrol atau membicarakan hal-hal yang serius, dan sifatnya berat di saat sedang ada kesibukan lainnya.

Lebih baik menunda pembahasan tersebut dan mencari waktu yang tepat saat dirasa santai, kemudian suasana hati juga sedang baik.

Cobalah saling menghargai kesibukan masing-masing. Agar membuat hubungan lebih harmonis

Saat para istri melakukan metode komunikasi di atas ketika hendak berbicara dengan suami, maka dipastikan suami akan menyimak omongan istri dengan sesama.

Karena metode yang disebutkan tadi adalah metode komunikasi yang disukai oleh kaum lelaki.